Program KB Mampu Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

FAKTAKALIMANTAN.CO.ID,KUALA KURUN – Tujuan dibentuknya Kampung KB secara umum adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung a

DPRD Gunung Mas Jalani Pemeriksaan Rapid Test
Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, GTRA Gumas Gelar Rakor
Orangtua Diminta Proaktif Perhatikan Usia Pernikahan Anak

FAKTAKALIMANTAN.CO.ID,KUALA KURUN – Tujuan dibentuknya Kampung KB secara umum adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) serta pembangunan sector terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Sedangkan secara khusus, Kampung KB ini dibentuk  selain untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan.

Hal ini diungkapkan, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk (Disdalduk) KB Kabupaten Gunung Mas, Isaskar, SH.,M.Si disela acara Rapat Penentuan Pemilihan Kampung KB, Senin (2/4/2018) di aula kantor Bupati setempat.

Dikatakannya, sasaran dipilihnya kampung KB adalah subyek dan obyek dalam pelaksanaan  kegiatan operasional pada Kampung KB selain keluarga. Pasangan Usia Subur (PUS), Lansia, dan Remaja juga keluarga yang  memiliki balita dan keluarga yang memiliki remaja.

Kenapa harus Kampung KB, karena
perkembangan penduduk dan pembangunan keluarga sebagai dasar pelaksanaan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana menekan kewenangan kepada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk  tidak memfokuskan hanya pada masalah pengendalian penduduk saja, namun masalah pembangunan keluarga juga harus mendapatkan perhatian, terangnya.

Karena itu, tambah Isaskar, dalam rangka penguatan program KKBPK tahun 2018 – 2019, BKKBN diharapkan dapat menyusun suatu kegiatan yang dapat memperkuat upaya pencapaian target atau sasaran yang secara langsung bersentuhan dan memberikan manfaat kepada masyarakat. Sehubungan dengan itu, maka untuk menjawab tantangan tersebut digagaslah program Kampung KB.

Melalui wadah Kampung KB ini, nantinya diharapkan pelaksanaan program KKBPK dan program-program pembangunan lainnya dapat berjalan secara terpadu dan bersamaan. Hal ini sesuai dengan amanat yang tertuang dalam agenda perioritas pembangunan terutama agenda prioritas yaitu memulai pembangunan dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Oleh karena itu cukup beralasan apabila pembangunan kependudukan dimulai dari wilayah-wilayah pinggiran yaitu kampung, karena kampung merupakan cikal bakal terbentuknya desa. “Apabila pembangunan pada seluruh kampung maju, maka desapun akan maju, apabila seluruh desa maju maka sudah pasti Negarapun akan menjadi maju,” cetusnya.

Menurutnya, kampung KB sebagai wahana pemberdayaan masyarakat
walaupun pembentukan Kampung KB diamanatkan kepada BKKBN. Tapi pada prinsipnya, Kampung KB merupakan perwujudan dari sinergi antara beberapa kementerian terkait dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah, mitra kerja, dan pemangku kepentingan, serta tidak ketinggalan partisipasi langsung masyarakat setempat.

Oleh sebab itu Kampung KB ini diharapkan menjadi miniature atau gambaran ( potret ) dari sebuah desa yang didalamnya terdapat keterpaduan dari program pembangunan Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga yang disinergikan dengan program pembangunan sector terkait yang dilaksanakan secara sistemik san sistematis, paparnya. (Hri)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!