Dinkes Gumas Deklarasikan SBS/Basno Bersama 43 Desa

FAKTAKALIMANTAN.CO.ID,KUALA KURUN - Sebanyak 43 Desa bersama-sama mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) atau BASNO, kegiatan ini diga

H. Gumer : Peran Tenaga Penyuluh Sangat Penting
Personil Polsek Rungan Lakukan Pengecekan Harga Sembako
Anggota Polsek Sepang Pasang Stiker Himbauan Pencegahan

FAKTAKALIMANTAN.CO.ID,KUALA KURUN – Sebanyak 43 Desa bersama-sama mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) atau BASNO, kegiatan ini digagas oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas, dan dihadiri oleh Bupati Gunung Mas, Arton S Dohong.

Kegiatan Deklarasi SBS/BASNO ini dibuka secara resmi oleh Bupati Gunung Mas Drs. Arton S. Dohong di GPU Damang Batu, Selasa (27/3/2018).

Disela kegiatan, Bupati Arton mengatakan kegiatan seperti ini tidak hanya berhenti sampai disini saja, tetapi dikembangkan supaya masyarakat punya kesadaran untuk menghargai kesehatan dan berperilaku hidup sehat.

Dengan kegiatan ini diharapkan tercapainya komitmen masyarakat untuk menumbuhkan rasa kesadaran, kemauan, dan kemampuan masyarakat akan pentingnya berperilaku hidup sehat dan bersih yang di mulai dari diri sendiri, keluarga, dan kominitas sehingga terbentuk tatanan masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Karena sesuai dengan visi Bupati Gunung Mas BERSINAR yaitu “Berdaya saing, Mandiri, Sejahtera, dan Bermartabat.” Dimana pada Misi pertama adalah meningkatkan kualitas, relevansi dan akses terhadap perangkat pendidikan dan layanan kesehatan.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas, dr. Maria Efiana mengatakan maksud dan tujuan kegiatan Deklarasi Desa SBS/BASNO ini merupakan penghargaan terhadap hasil kerja keras masyarakat desa dalam mewujudkan desa SBS/BASNO sehingga menjadi contoh bagi desa lain yang belum SBS/BASNO. Kemudian menumbuhkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat akan pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat yang dimulai dari diri sendiri keluarga dan komunitas sehingga terbentuk tatanan masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Menurutnya, jumlah desa yang ikut kegiatan Deklarasi ini sebanyak 43 desa yakni Kecamatan Kurun 8 Desa, Kecamatan Sepang 6 Desa, Kecamatan Tewah 11 Desa, Kecamatan Kahut 4 Desa, Kecamatan Rungan 5 Desa, Kecamatan Rungan Barat 3 Desa, Kecamata Rungan Hulu 1 Desa dan Kecamatan Manuhing Raya 5 Desa.

Harapannya, kegiatan Deklarasi SBS/BASNO ini bukan hanya seremonial tetapi tetap diingat sebagai perwujudan dari kerja keras dan komitmen bersama semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan BASNO di Kabupaten Gunung Mas, ujar dr. Maria yang sekaligus sebagai ketua panitia kegiatan. (Hri)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!