Satuan Pengamanan Diminta Proaktif Deteksi Dini Jelang Pilkada

FAKTAKALIMANTAN.CO.ID,KASONGAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan melaksanakan enam agenda sekaligus dalam satu apel besar, yaitu upacara HU

Suksesnya Pilkades Serentak Berkat Sinergitas yang Baik
WPR Solusi Bagi Penambang Liar
Pendaftaran Parpol Membludak Dihari Terakhir

SIMULASI : Pjs Bupati Katingan Suhaemi bersama pejabat daerah lain mensimulasikan pemadaman api menggunakan peralatan standar armada Pemadam Kebakaran (Damkar) di halaman Kantor Bupati Katingan Selasa (20/3).

FAKTAKALIMANTAN.CO.ID,KASONGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan melaksanakan enam agenda sekaligus dalam satu apel besar, yaitu upacara HUT Pemadam Kebakaran ke-99, Satuan Polisi Pamong Praja ke-68, Satuan Perlindungan Masyarakat ke-56. Kemudian apel gabungan ASN lingkup Pemkab Katingan, siaga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), dan dipungkasi dengan deklarasi anti hoaks tahun 2018.

Dalam arahannya, Penjabat sementara (Pjs) Bupati Katingan Suhaemi mengatakan, peringatan hari jadi damkar, Satpol PP, dan Satlinmas kali ini cukup istimewa. Pasalnya, bertepatan dengan perhelatan akbar demokrasi, yaitu penyelenggaraan kepala daerah serentak tahun 2018.

“Seluruh jajaran Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar sebagai perangkat daerah diharapkan selalu senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan dalam memberikan dukungan terhadap kelancaran Pilkada nanti,” ungkapnya di halaman kantor bupati setempat, Selasa (20/3).

Dirinya juga meminta seluruh jajaran tersebut, agar bersikap proaktif mengamati situasi dan kondisi di sekitarnya dalam rangka deteksi dini serta cegah dini. Sehingga harus cepat dalam menanggapi setiap gelagat atau dinamika yang sedang berkembang di masyarakat demi menjaga stabilitas dan kemanan.

“Tetaplah konsisten menjaga citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintah sebagaimana yang diamanatkan dalam panca satya Pol PP.
Ada relevansi antara tupoksi Satpol PP menegakan Perda dan Perkada dalam penyelenggaraan ketertiban umum dan ketertraman masyarakat,” imbuhnya.

Menurutnya, momen Pilkada serentak sangat penting terutama bagi jajaran Satpol PP dan Satlinmas. Karena biasanya potensi gangguan cenderung meningkat, dalam menyikapinya maka harus menyiapkan diri sejak dini. Dirinya juga menekankan agar tetap siaga melindungi dan mengamankan objek vital pemerintah dan masyarakat.

“Dalam situasi seperti ini agar saudara lebih mawas diri, sehingga tidak terjebak pada kepentingan pribadi, kelompok atau golongan tertentu. Kemudian tidak mudah terprovokasi terhadap hal-hal yang dapat memecah kerukunan, persatuan masyarakat,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, atas nama Pemda Kabupaten Katingan dirinya mengucapkan selamat hari jadi kepada seluruh anggota Satuan Pol PP, Satlinmas, dan anggota Pemadam Kebakaran di Katingan. Dirinya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas semua dedikasi dan loyalitas yang telah dilaksanakan selama bertugas.

“Terus tingkatkan kualitas pelaksanaan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat, dan abdi pemerintah. Sehingga ke depan diharapkan dapat lebih berintegritas, berkompeten, dan profesional dalam pelayanan,” pungkasnya. (BS)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!