Diharapkan TP-PKK, Bisa Membina Ketahanan Pangan Keluarga Dan Kualitas Kader

FAKTAKALIMABTAN.CO.ID,KUALA KURUN - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Gunung Mas menggelar kegiatan Sosialisasi Sekaligus Pembinaan

Stop Pungli, Polsek Rungan Laksanakan Sosialisasi Ke Masyarakat Sekitar
Terdampak Pandemi, Waega Ini Dapat Bantuan Satres Narkoba Polres Gumas
Tak Kenal Hari Libur, Polsek Rungan Sosialisasi Larangan Karhutla Kepada Warga Binaan

FAKTAKALIMABTAN.CO.ID,KUALA KURUN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Gunung Mas menggelar kegiatan Sosialisasi Sekaligus Pembinaan Program TP-PKK Tingkat Kabupaten.

Pembukaan Sosialisasi ini diwakili oleh Kabid Kelembagaan DPMD Kabupaten Gunung Mas, Herianto, S.Hut.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari tanggal 7 – 9 Maret 2018, yakni tanggal 7 Maret di Tehang Kecamatan Manuhin Raya, tanggal 8 Maret di Tumbang Talaken Kecamatan Manuhing dan tanggal 9 di Rabambang Kecamatan Rungan Barat.

Kabid Kelembagaan DPMD Kabupaten Gunung Mas, Herianto, S.Hut mengatakan sosialisasi ini dilakukan dalam rangka membina ketahanan pangan keluarga agar mulai diberdayakan pemanfaatan lahan pekarangan secara optimal dan kreatif.

Selain itu, memperkuat kelembagaan PKK agar mampu menjaga kualitas kinerja dan mewujudkan pelaksanaan program PKK dengan sebaik-baiknya, katanya, Jumat (9/3/2018).

Ia menambahkan, sosialosasi juga dilakukan supaya revitalisasi berbagai kegiatan-kegiatan PKK agar lebih menyentuh masyarakat bawah dengan lebih fokus pada peningkatan kapasitas melalui pembinaan yang berkelanjutan dan upaya peningkatan kualitas para kader di berbagai tingkat.

Gerakan PKK diakui oleh pemerintah dan masyarakat sebagai suatu wilayah yang efektif dan mengerahkan partisifasi masyarakat dalam pembangunan. Hal ini merupakan suatu tantangan sekaligus kebanggaan bagi seluruh TP-PKK atas pengakuan tersebut, untuk menjaga sekaligus membuktikan eksistensi PPK berkorelasi positif dengan perhatian pemerintah melalui pengalokasian anggaran serta fasilitas lainnya pada organisasi.

Permasalahan yang dihadapi sampai saat ini, belum mampu dilakukan secara mandiri dan belum mampu mewujudkan keluarga yang kreatif dan harmonis, seringkali terhambat dan kehidupan sosial ekonomi keluarga yang jauh dari berkecukupan.

Dalam situasi seperti ini pemberdayaan kesejahteraan keluarga (Gerakan PKK) harus terpanggil pada kewajiban dan tanggung jawab untuk mewujudkan keluarga sehat, sejahtera dan keluarga yang berkualitas, ujarnya.

Harapan dari kegiatan ini, lanjutnya, supaya pembinaan program TP-PKK tahun yang akan datang agar lebih lagi ditingkatkan pemberdayaan masyarakatnya. Dilakukan evaluasi internal dan mencari pemecahan masalah yang berkaitan dengan kebijakan kelembagaan PKK, program PKK dan Administrasi PKK.

Pemanfaatan rencana kerja ditindak lanjut TP-PKK serta penyampaian Best praktis pengelolaan Gerakan PKK diberbagai tingkatan.

“Harapan bagi TP-PKK yang hadir dalam sosialisasi agar dapat memikirkan dan mengupayakan strategi, konsep inovasi yang cemerlang untuk membentuk kemampuan semangat dan sikap sehingga masyarakat memiliki pola hidup yang lebih baik lagi, tuturnya. (Hri).

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!