Dicari Damang Baru Palangka Raya

PALANGKA RAYA, GK-Mengingat masa jabatan damang kepala adat telah habis dan saat ini hanya dijabat pelaksana tugas (Plt) damang, akhirnya pihak Kecama

Masih Tunggu Putusan Mapeg Terkait ASN Terlibat Politik
Pemko Optimalkan Pungutan Retribusi dan Pajak
Wali Kota Komitmen Bangun Kualitas SDM

PALANGKA RAYA, GK-Mengingat masa jabatan damang kepala adat telah habis dan saat ini hanya dijabat pelaksana tugas (Plt) damang, akhirnya pihak Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya membuka pendaftaran bagi para calon damang, yang ingin menjadi damang definitif untuk Kecamatan Jekan Raya selanjutnya.
“Pihak kecamatan sudah melakukan sosialisasi terkait rencana pemilihan damang yang baru. Saat ini sudah memasuki tahapan pendaftaran,”ungkap Camat Jekan Raya , Saipullah, Rabu (7/3).
Untuk melakukan pendaftaran kata dia, maka harus diperhatikan beberapa persyaratan seperti minimal pernah menjadi mantir adat, mengetahui silsihan, adat istiadat masyarakat Dayak.
“Sementara untuk batasan usia juga ada ketentuan. Itu dapat dilihat dari persyaratan yang diberlakukan oleh tim penjaringan. Namun yang pasti tidak pikun. Begitu juga untuk batasan pendidikan minimal ijazah SMA. Ya, setidaknya ada 15 persyaratan yang harus dipenuhi,”sebutnya
Menurut Saipullah pemilihan damang Jekan Raya telah sesuai dengan ketentuan, yakni peraturan daerah (Perda) Kota Palangka Raya, nomor 15 tahun 2009 tentang kedamangan, dimana sistem pemilihannya akan dilakukan oleh lurah, mantir kelurahan serta mantir kecamatan.
“Pendaftaran ini baru kita buka, jadi belum diketahui siapa-siapa kandidatnya. Bagi yang ingin mendaftarkan diri silahkan langsung ke kantor Kecamatan Jekan Raya,”terangnya lagi.
Ditambahkan Saipullah, terkait pemilihan damang Jekan Raya tersebut, pihaknya sejauh ini telah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk pra dari tahapan-tahapan rencana pemilihan damang. Saat ini kata dia, jabatan damang Jekan Raya masih hanya dijabat oleh pelaksana tugas, mengingat masa jabatan damang sebelumnya telah habis.
“Semoga secepatnya kecamatan ini memiliki damang defintif yang baru, sehingga hal-hal yang berhubuingan dengan masalah ke-adatan dan kebudayaan dapat optimal dijalankan. Ini sejalan dengan fungsi damang yang memiliki pengaruh strategis dalam kehidupan masyarakat Dayak,”tutupnya.VS

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!