MTQ Tingkat Kota Palangka Raya Resmi Dibuka

PALANGKA RAYA,GK-Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XLIII tingkat Kota Palangka Raya, pada Sabtu (3/3) malam resmi dibuka. Kali ini Kecama

Tetap Patuhi Aturan Pemerintah
Willy Yoseph Siap Berkontestasi di PILGUB Kalteng dengan Mendaftar di Tiga Partai Politik
Umi Ingin Raihan WTP Menjadi Tradisi

PALANGKA RAYA,GK-Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XLIII tingkat Kota Palangka Raya, pada Sabtu (3/3) malam resmi dibuka. Kali ini Kecamatan Jekan Raya menjadi tuan rumah penyelenggara MTQ yang akan digelar dari tanggal 3 sampai 6 Maret 2018. Pembukaan MTQ ke XLIII tingkat kota tersebut secara resmi dibuka langsung oleh Wali kota Palangka Raya HM Riban Satia, di kompleks Islamic Center Masjid Darussalam IAIN Kota Palangka Raya.
Wali kota Palangka Raya HM Riban Satia dalam sambutanya pada pembukaan MTQ mengatakan, kegiatan MTQ ini menjadi sarana bagi pemerintah kota (Pemko) setempat, bersama para ulama dalam mensyiarkan nilai-nilai Alquran sehingga bisa diimplementasikan oleh seluruh masyarakar dalam kehidupan sehari-hari.
“MTQ menjadi wadah terpenting untuk semakin memperkuat serta memahami, mempelajari, menulis, menghafal dan menafsirkan serta mengamalkan nilai-nilai Alquran dan sunah,” tuturnya.
Riban mengungkapkan, banyak potensi yang dimiliki para kafilah dari Kota Palangka Raya. Bahkan pada setiap penyelenggaran MTQ tingkat Provinsi Kalteng, para kafilah dari Palangka Raya selalu mendapatkan hasil terbaik dan mampu mewakili Kalteng pada pelaksanaan MTQ tingkat nasional.
“Beberapa kali penyelenggaraan MTQ ditingkat provinsi, Palangka Raya selalu tampil sebagai juara umum. Hal yang sama kita harapkan pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Kalteng di Kabupaten Pulang Pisau,”harapnya.
Wali Kota Palangka Raya dua periode ini juga berpesan, agar pelaksanaan MTQ tingkat kota tersebut dapat dilaksanakan dengan bersih, jujur dan berprestasi sehingga dapat melahirkan qari dan qariah baru yang mampu dihasilkan dari setiap penyelenggaraan musabaqah.
Sementara itu Camat Jekan Raya yang sekaligus merupakan ketua panitia pelaksana MTQ ke XLIII tingkat Kota Palangka Raya, Saipullah mengatakan, persiapan pelaksanaan MTQ secara keseluruhan telah dilakukan bersama-sama dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Palangka Raya dalam menyukseskan setiap jadwal kegiatan yang digelar.
Disampaikan Saipullah, pelaksanaan MTQ ke XLIII tingkat kota itu sendiri secara umum akan dipusatkan di kompleks Islamic Center Masjid Darussalam IAIN Kota Palangka Raya.
Disebutkan, ada 18 cabang yang akan dilombakan, seperti lomba Musabagah Tilawah Al-Qur’an golongan anak-anak dan remaja serta dewasa, Musabagah Hifjil Qur’an dengan beberapa golongan juz. Lalu lomba Musabagah Syarh Al Qur’an, lomba Musabagah Khat Al Qur’an yakni untuk golongan naskah, golongan hiasan Mushab, golongan dekorasi dan khat kontemporer serta Lomba Musabagah Qiraat Qur’an golongan.
Pada MTQ ke XLIII tingkat Kota Palangka Raya tersebut tambah Saipullah, diikuti para kafilah dari semua kecamatan yang ada di Kota Palangka Raya, seperti Kecamatan Sebangau, Jekan Raya, Pahandut, Bukit Batu dan Rakumpit.
“Dalam rangkaian perlombaan nantinya harus berpegang pada motto bersih, jujur dan berprestasi. Kita berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini masyarakat bisa lebih agamis dan sejahtera,”paparnya.
Adapun dalam pembukaan MTQ tersebut turut dihadiri Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio, Kemenag Kota Palangka Raya, H. Baihaqi, Rektor IAIN Palangka Raya Ibnu Elmi AS Pelu, para asisten, kepala SOPD dan jajaran Forkopinda, lurah dan camat dilingkup Pemerintah Kota Palangka Raya, serta anggota DPRD Kota Palangka Raya maupun para tokoh ulama, tokoh masyarakat maupun para undangan lainnya.
Acara pembukaan MTQ tersebut juga dirangkai dengan pelantikan Dewan Hakim MTQ ke XLIII tingkat Kota Palangka Raya.VS

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!