Pjs Bupati Ikuti Ritual Tiwah di Danau Pantau

FAKTAKALIMANTAN.CO.ID,KUALA KAPUAS – Acara Tiwah yang dilaksanakan di Desa Danau Pantau Kecamatan Timpah dihadiri langsung oleh Pjs Bupati Kapuas Erma

Posko Satgas Dibentuk, Camat Kapuas Hulu Harap Partisipasi PBS
Horeee Bupati Kapuas Obati Kerinduan Warga
Ringankan Beban Masyarakat Terdampak Covid-19, Bupati Kapuas Gratiskan PDAM Sampai Akhir Tahun

FAKTAKALIMANTAN.CO.ID,KUALA KAPUAS – Acara Tiwah yang dilaksanakan di Desa Danau Pantau Kecamatan Timpah dihadiri langsung oleh Pjs Bupati Kapuas Ermal Subhan, Kamis (1/3) siang. Siang itu cuaca hujan gerimis, namun tak mengurutkan para tamu undangan untuk mengikuti ritual kematian tingkat terakhir atau yang dikenal dengan Tiwah.

Saat itu Pjs Bupati juga didampingi oleh sejumlah Kepala SOPD, Ketua DAD Kapuas Talinting E Toepak, Ketua Majelis Besar Hindu Kaharingan Provinsi Kalteng Walter S Penyang serta sejumlah tokoh agama dan masyarakat. Sambutan masyarakat setempat begitu antusias karena para pejabat dan tokoh masyarakat berkenan hadir ditempat mereka.

Ketua Panitia yang juga Mantir Adat Desa Danau Pantau, Suarson mengucapkan terima kasih atas kesediaan hadir para undangan ke tempat mereka. Menurutnya jumlah keluarga yang di Tiwah sebanyak Sembilan keluarga. Tiwah telah dilaksanakan mulai 26 Januari dan puncaknya pada tanggal 1 Maret.

Ditempat yang sama Camat Timpah Batu Panahan mengungkapkan di Kecamatan Timpah terdapat sekitar 11 ribu penduduk dan mayoritas mereka beragama Hindu Kaharingan. “Saya mewakili masyarakat Timpah mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Pjs Bupati dan rombongan,” katanya.

Sementara itu Pjs Bupati Kapuas Ermal Subhan mengaku akan mendukung kegiatan keagamaan yang di Timpah secara khusus dan Kabupaten Kapuas secara umum. Menurutnya pihaknya akan membantu melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga. Melalui acara keagamaan ini diharapkan mampu melestarikan adat istiadat serta menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Kapuas.

Disamping itu Ermal juga mengingatkan agar menjauhi dan menghindari narkoba karena dapat merusak generasi muda dan para penerus kita. “Mari kita bergandengan tangan untuk bersama-sama membangun Kabupaten Kapuas,” terang pria yang juga menjabat Kadis Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalteng. (hmskmf/fgk-sog)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!