Dinas Kominfo Provinsi Gelar Bimtek PPID

PALANGKA RAYA, GERAKKALTENG - Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo-SP) provinsi Kalteng menggelar kegiatan Bimbingan Tek

Selisih Sepuluh Suara, Icen Kuasai Desa Mabuan
Usai Nyoblos, Ini Tanggapan Tiga Paslon
Apes, Niat Selundup Sabu Malah Ditangkap Polisi

PALANGKA RAYA, GERAKKALTENG – Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo-SP) provinsi Kalteng menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) PPID tanggal 1 – 2 Maret di aula Diskominfo-SP Kalteng, Senin (1/3/2018).

Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas Pejabat Pengelola lnformasi dan Dokumentasi (PPID) Utama pada Lingkup Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah.

Bimbingan Teknis Pengelolaan dan Pelayanan lnformasi dan Dokumentasi ini sekaligus Launching Aplikasi Pengelolaan dan Pelayanan Informasi, SMS Gateway dan Aplikasi Penanganan Aspirasi dan Pengaduan (SAPA).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Dr. Handayani Ningrum, SE, MSi dan Plt Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri serta para pejabat Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik (Kominfosantik).

Adapun tujuan diadakan kegiatan Bimtek ini agar terlaksananya keterbukaan informasi publik sesuai dengan Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik kepada lembaga dan publik.

Dalam UU ini juga mengamanatkan peraturan pemerintah untuk mengatur lebih lanjut jangka waktu pengecualian terhadap informasi-informasi dikecualikan dan tata cara pembayaran ganti rugi Badan Publik.

Sesuai dengan ketentuan tersebut, oleh Badan Publik Negara telah ditetapkan oleh Pemerintah berupa Peraturan Pemerintah No 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Permendagri no 35 tahun 2010 yang menegaskan pengelolaan pelayanan informsi di Lingkungan Kementerian dan Pemerintahan Daerah sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi.

Selain itu, tujuan lainnya agar dapat Membentuk sistem kepemerintahan yang baik dan bersih (Good Government dan Clean Goverment). (Wan)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!