Tekan Kecelakaan, Satlantas Katingan Gencar Razia

KASONGAN ,GK- Satuan Lalu Lintas Polres Katingan melakukan cipta kondisi dengan pemeriksaan kendaraan bermotor secara stasioner di Tjilik Riwut KM 5 K

Cegah Penyebaran Covid-19, DPRD Barsel Mundurkan Semua Jadwal Kegiatan
Ini Jawaban Pemkab Bartim Terkait Raperda APBD 2021
Besok DPRD Kotim Gelar RDP Sengketa Lahan

KASONGAN ,GK- Satuan Lalu Lintas Polres Katingan melakukan cipta kondisi dengan pemeriksaan kendaraan bermotor secara stasioner di Tjilik Riwut KM 5 Kasongan – Hampalit, Kecamatan Katingan Hilir, Kamis (22/2).

Kapolres Katingan AKBP Ivan Adhityas Nugraha melalui Kasatlantas AKP Salahiddin mengatakan, operasi saat ini berhasil menindak sejumlah pelanggar lalu lintas. Mereka kemudian menjalani proses tilang secara online melalui aplikasi E-tilang.

“Selain dilakukan penindakan, kegiatan ini juga bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Saya berharap masyarakat memperhatikan kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor dan mengutamakan keselamatan diri dan orang lain dalam berkendara,” imbaunya.

Menurutnya, gelaran razia kendaraan tersebut merupakan program rutin jajaran Satlantas Polres Katingan sebagai tindakan preemtif atau mencegah guna menekan angka kecelakaan lalu lintas. Selain itu, juga untuk meningkatkan kesadaran para pengendara agar tertib berlalu lintas.

“Razia ini sudah menjadi program rutin kami, dikandung maksud guna menekan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas. Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat agar tertib dalam berlalu lintas. Sebab, kecelakaan bermula dari tidak tertibnya dalam berkendara,” jelasnya.

Berbagai jenis pelanggar masih kerap dilakukan pengendara, seperti tidak mengenakan helm, tidak bisa menunjukkan Surat Ijin Mengemudi (SIM), dan pengendara yang tidak bisa meunjukan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

“Semua pengendara yang dinyatakan melanggar tetap dikenakan E-tilang sesuai undang-undang lalu lintas. Hal tersebut, untuk menghindari praktik pungutan liar,” jelas Kasatlantas.

Ia mengimbau, agar masyarakat pengguna jalan umum selalu tertib dalam berkendara, yaitu menyiapkan kelengkapan berkendara seperti surat surat kendaraan, maupun helm bagi keselamatan pengendara itu sendiri. (BS)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!