Suksesi Program KIP Demi Mendukung Pembangunan Pendidikan

PALANGKA RAYA,GK-Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Hj Mukarramah mengatakan, salah satu program masa pemerintahan Jokowi dibidan pendidikan sa

Dewan Kota Ajak Warga Turut Meriahkan Kemerdekaan RI ke 77
FBIM Berdampak Positif Bagi Ekonomi Masyarakat
Kelestarian Lingkungan Faktor Pendukung Program Pembangunan

PALANGKA RAYA,GK-Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Hj Mukarramah mengatakan, salah satu program masa pemerintahan Jokowi dibidan pendidikan saat ini adalah program kartu indonesia pintar (KIP). Dimana program KIP sendiri merupakan program yang ditujukan bagi keluarga miskin dan rentan miskin yang ingin menyekolahkan anaknya yang berusia 7-18 tahun secara gratis.
“Mereka yang mendapat KIP ini akan diberikan dana tunai dari pemerintah secara reguler yang tersimpan dalam fungsi kartu KIP untuk bersekolah secara gratis tanpa biaya. Maka itu program KIP ini harus dimanfaatkan masyarakat berkategori tidak mampu guna menunjang kebutuhan anak didiknya di dunia pendidikan,”ucapnya, kemarin di Palangka Raya
Menurut srikandi partai Nasdem Kota Palangka Raya ini, seiring program tersebut, maka hendaknya partisipasi seluruh elemen masyarakat untuk turut mensukseskan program KIP sangat diharapkan.
“Terutama partisipasi warga masyarakat kota Palangka Raya sangat diperlukan untuk mendukung program ini. Ketika warga yang berhak menerima bantuan ini telah menerima KIP, para orang tua harus mendukung pula agar anak-anaknya bersekolah. Sangat disayangkan bila ada anak-anak yang mendapatkan KIP tapi tidak didukung oleh orang tuanya,”tambahnya lagi
Saat ini lanjut Mukarramah, pemerintah sedang melakukan pendataan ulang untuk validasi penerima KIP. Itu dilakukan karena program pemerintah pusat ini belum dapat dilaksanakan maksimal. terutama lebih karena ketidakvalidasian data yang didapatkan pusat dalam menjalankan program tersebut.
“Seiring adanya validitas data penerima program KIP ini, kami dari pihak anggota DPRD juga turut menjalankan tugas terutama dalam menjalankan fungsi,pengawasan dengan selalu berusaha melakukan koreksi-koreksi. Ini demi tepat sasarannya program KIP,”cetusnya.
Sebelumnya Wakil Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Ida Ayu Nia Anggraeni mengatakan bahwa program KIP di tingkat Kota Palangka Raya belum maksimal.
“Banyak peserta didik yang seharusnya layak masuk program pemerintah pusat ini namun justru luput dari perhatian”, beber Nia.
Terkait hal tersebut, Pemko Palangka Raya kata dia harus menegaskan kembali ketetapan ini dengan menyisir kawasan-kawasan yang memiliki anak usia sekolah barangkali ada siswa yang tidak mengenyam bangku sekolah karena keterbatasan biaya.
“kan jelas , program ini ditujukan untuk menghilangkan hambatan ekonomi siswa untuk bersekolah, sehingga nantinya membuat anak-anak tidak lagi terpikir untuk berhenti sekolah. Selain menghindari anak pustus sekolah, program KIP ini juga dibuat untuk bisa menarik kembali siswa yang telah putus sekolah agar kembali bersekolah,”tutupnya.sog

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!