Kawasan Kumuh Mendawai Bakal di Bangun SMP Negeri

PALANGKA RAYA,GK-Pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya berencana akan membangun sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di kawasan kumuh M

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula
Sistem Digitalisasi Perlu Disosialisasikan
Guru Agama Resah, Tiga Bulan Tunjangan Kinerja Tak Kunjung Dibayar

PALANGKA RAYA,GK-Pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya berencana akan membangun sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di kawasan kumuh Mendawai Kelurahan Palangka Kecamatan Jekan Raya.
Hal ini disampaikan langsung Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Mimi Ariyani, bahwa dinasnya dalam waktu dekat akan membangun sekolah baru di kawasan kumuh Mendawai.
“Satuan pendidikan yang akan dibangun yakni sekolah menengah pertama negeri (SMP-N), sehingga anak-anak warga Mendawai yang ingin melanjutkan pendidikan tidak jauh lagi,”ungkapnya, kemarin di Palangka Raya.
Selama ini lanjut Mimi, anak didik yang ingin melanjutkan kejenjang SMP Negeri, terpaksa harus jauh menuju sekolah lanjutannya tersebut,mengingat dikawasan Mendawai tidak ada satu pun sekolah tingkat SMP Negeri.
“Kalau dihitung jarak sekolah SMP Negeri yang terdekat dengan kawasan Mendawai hanyalah SMPN 3 Palangka Raya. Nah, kondisi ini lah yang telah dipikirkan oleh Disdik kota,”jelasnya.
Namun begitu lanjut Mimi, rencana membangun SMP Negeri dikawasan Mendawai tersebut masih sebatas wacana, karena sampai saat ini dinas pendidikan belum mendapatkan lokasi untuk membangun sekolah baru di Mendawai.
Pihaknya kata Mimi berhadap, nantinya ada warga Mendawai yang berkenan tanahnya bisa dibeli untuk membangun SMP Negeri.
“Kami sepakat dengan saran Kepala Bappeda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu agar satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) memfokuskan program kegiatan di wilayah kumuh Mendawai,”tambahnya lagi
Karena itulah imbuh Mimi, Disdik Kota Palangka Raya selain berencana akan membangun SMP baru di Mendawai, disisi lain dinasnya itu juga akan memperbanyak program kegiatan di SDN 14 Palangka yang berada di kawasan kumuh Mendawai tersebut.
“Ya, rencana penyediaan fasilitas pendidikan di Mendawai ini sebagai upaya membantu pemerintah daerah menuntaskan pembangunan bidang pendidikan,”tuturnya.
Sementara itu pada saat rapat kerja SOPD dan kunjungan kerja prioritas pilot project penanganan kawasan kumuh Mendawai yang diadakan di SDN 14 Palangka, baru-baru ini, Kepala Bappeda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, meminta agar Disdik setempat membuat tulisan-tulisan yang isinya mengajak dan memotivasi masyarakat Mendawai untuk berperilaku hidup sehat misalnya dan tulisan imbauan positif lainnya.
“Tulisan bisa ditulis di badan-badan jalan tilian, sehingga selalu terbaca oleh masyarakat yang setiap hari melewatinya. Program seperti sangat sederhana, namun sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam rangka memberikan pendidikan karakter,”pintanya. sog

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!