Parkir di Kawasan Taman Tunggal Sangomang Dikelola Dishub

PALANGKA RAYA,GK-Sebagaimana diketahui Taman dan Pusat Kuliner Tunggal Sangomang yang berada di ujung Jalan Yos Sudarso Kelurahan Menteng Kecamatan Je

Emi Abriyani : Saya Siap Disuntik Vaksin Sinovac
Pembatasan Penggunaan Media Sosial,Paslon Maksimal Miliki 5 Akun
Pembangunan Infrastruktur di Palangka Raya Perlu Diakomodir

PALANGKA RAYA,GK-Sebagaimana diketahui Taman dan Pusat Kuliner Tunggal Sangomang yang berada di ujung Jalan Yos Sudarso Kelurahan Menteng Kecamatan Jekan Raya telah diresmikan Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia, pada Senin (5/2) yang lalu. Seiring dengan itu para pedagang kreatif lapangan (PKL) dmulai menempati kontainer-konteiner yang disediakan diarea taman tersebut. Keberadaan taman kuliner itu juga akan mengundang para pembeli untuk datang dengan menggunakan sepeda motor maupun mobil, sehingga sudah barang tentu setiap hari bakal banyak kendaraan yang akan parkir.
Berkaitan dengan parkir ini Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangka Raya, Eldy menuturkan, bahwa tahap awal pengelolaan parkir di taman dan pusat kuliner Tungga Sangumang tersebut, sementara waktu tidak diserahkan kepada pihak ketiga. Namun terlebih dahulu dikelola sendiri oleh Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya.
“Ya, paling tidak untuk jangka waktu tiga bulan ke depan yang tujuannya untuk mengetahui potensi pajak parkir,”ungkapnya, Jum’at (9/2) di Palangka Raya.
Menurut Eldy alasan kenapa pemerintah setempat tidak langsung memberikan pengelolaan parkir kepada pihak ketiga di kawasan kuliner itu, tidak lain karena potensi pendapatan asli daerah (PAD) dari parkir belum diketahui.
Sebaliknya akan dikhawatirkan jika pengelolaan parkir langsung diserahkan kepada pihak ketiga, sedangkan potensi PAD belum diketahui, sehingga akan membebani jika target yang dipatok terlalu besar atau justru merugikan pemerintah daerah jika target yang ditetapkan terlalu kecil.
“Karena itu potensi PAD parkir di kawasan kuliner ini perlu diketahui terlebih dahulu dengan cara dikelola sendiri dan setelah itu diserahkan kepada pihak ketiga,”cetusnya.
Eldy melihat potensi pajak parkir di Taman Tunggal Sangumang tidak sama dengan di kawasan kuliner Yos Sudarso dekat Bundaran Besar yang jumlah pengunjungnya lebih banyak, sedangkan di Taman Tunggal Sangumang ini masih baru.
“Namun kita optimistis lama kelamaan nanti kawasan kuliner hasil relokasi ini juga bakal rame dikunjung seperti di Yos Sudarso dekat Bundaran Besar tempak PKL beraktivitas,”tutupnya.sog

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!