Bupati Resmikan Gereja Gloria Jemaat GKE Kalawa

KUALA KAPUAS,GK – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat SH meresmikan sec

Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Online
Videotron Fasilitas Pengembangan Potensi Daerah
Hari Pertama PSBB, Wabup Tinjau Beberapa Pos Pengamanan

KUALA KAPUAS,GK – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat SH meresmikan secara langsung Gedung Gereja “Gloria” Jemaat GKE Kalawa Jalan Pilau, Kuala Kapuas, Selasa (6/2). Peresmian tersebut ditandai dengan pembukaan selubung papan nama gedung gereja, penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita.

Peresmian gedung gereja yang telah  menjalani proses pembangunan selama 14 tahun itu juga disertai dengan Pentahbisan gedung gereja oleh Ketua Umum Majelis Sinode GKE Banjarmasin Pdt Wardinan S Lidin, disertai dengan ibadah bersama, puji-pujian dan penyerahan perlengkapan ibadah.

Nampak hadir, Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Algrin Gasan beserta isteri dan anggota DPRD Kapuas, Asisten/Staf Ahli Bupati Kapuas, Kepala SOPD Lingkup Pemkab Kapuas, Ketua Resort GKE Kapuas Pdt Satria, Penetua dan daikon seluruh anggota GKE di wilayah Kabupaten Kapuas, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan para undangan.

Bupati Kapuas dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga akan keberadaan atau berdirinya gedung gereja mulai dari halaman yang tertata dengan luar biasa indah dan fisik gedung yang representatif serta dari segi estetika semuanya memenuhi syarat dan luar biasa.

“Baik dari penerangan, fentilasi udara dan lain sebagainya sangat luar biasa. Untuk itu, apa yang menjadi kekurangan segera diberitahukan kepada Bupati, tidak perlu menggunakan proposal. Tulis tangan saja kalau minta apa-apa. Saya lihat lansgung apa yang diminta dan saya disposisi Bapak Sekda maupun Kepala Dinas yang bersangkutan untuk segera diperbantukan,”ungkapnya.

Kemudian, Ben mengatakan, pada tahun 2018 wilayah Kabupaten Kapuas dan desa-desanya akan dibangun tower telekomunikasi, karena tinggal 38 desa terpencil yang belum bisa terjangkau, termasuk Desa Masupa Ria. “Kita sudah membuat jalan sampai ke Manyarung dan tahun 2018 ini juga kita akan tembuskan ke Masupa Ria. Tidak perlu lagi naik ojek dari Batu Makab selama dua jam ke Desa Masupa Ria,”tuturnya.

Dalam sambutannya pula, ia sekali lagi menyampaikan rasa bangga dan bahagianya dipercayakan untuk meresmikan Gereja “Gloria” Jemaat GKE Kalawa.

Sementara itu, Ketua Umum Majelis Sinode GKE Banjarmasin mengatakan fasilitas apapun di dunia tidak ada tandingannya dengan rumah Tuhan, karena manusia hidup oleh anugerah dan kasih sayang Tuhan. Ini terbukti, lanjut dia pembangunan gereja telah selesai dan akan diresmikan dan ditahbiskan.

“Ada dua bagian yang penting yaitu peresmian sebagai legalitas hukum karena Indonesia adalah negara hukum dan menyangkut dengan kepentingan public sehingga harus diresmikan oleh pejabat yang berwenang dalam hal ini yaitu Bapak Bupati Kapuas,” terangnya.

Sedangkan, pentahbisan dilakukan karena bangunan yang dibangun adalah Rumah Tuhan, bukan lagi menjadi gedung biasa atau tempat pertemuan biasa tetapi menjadi Rumah Tuhan, maka semua gereja harus ditahbiskan.

Namun, ia menjelaskan, gereja yang sesungguhnya adalah manusia, gedung hanya sebagai fasilitas untuk memuliakan nama Tuhan, karena yang ditingkatkan kualitasnya adalah manusia atau jemaat yang harus bertumbuh kerohaniannya.

Ditempat yang sama, Ketua Resort GKE Kapuas mengatakan semua pihak sangat bersyukur dan berterima kasih untuk anugerah yang memampukan panitia dalam kurun periode yang panjang dapat bersama-sama berjuang dan bekerja dalam menyelesaikan pembangunan gereja.

“Harapan kita adalah dapat menjadi simbol dari iman dan pengharapan, menjadi jemaat yang kuat dan teguh serta berdiri kokoh sehingga tidak dapat diombang ambingkan oleh masalah apapun juga dalam kehidupan,”tutur Satria.

Ia menyampaikan terima kasih kepada panitia dari period eke periode dengan konsisten dan beertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dengan baik. Disamping itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah baik provinsi, kabupaten untuk memberikan bantuan yang sungguh luar biasa dalam mendukung pembangunan gereja dan fasilitasnya.

“Harapan kita bersama, kiranya melalui keberadaan gereja ini maka pengharapan kita semakin teguh dan dikuatkan,” pungkasnya. (hmskmf/fgk-sog)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!