Legislator Komisi B : Kesejahteraan Tenaga Penyuluh Harus di Perhatikan

PALANGKA RAYA,GK-Ada kesan selama ini keberadaan para penyuluh. Khususnya para penyuluh pertanian kurang mendapat perhatian. Terutama ketika bicara so

Usulkan Pembangunan Jembatan Rakumpit Gunakan APBN
Dibutuhkan Inovasi untuk Tingkatkan Layanan Kependudukan di Palangka Raya
Dewan dan Pemko Palangka Raya Lanjut Tuntaskan Perencanaan Program

PALANGKA RAYA,GK-Ada kesan selama ini keberadaan para penyuluh. Khususnya para penyuluh pertanian kurang mendapat perhatian. Terutama ketika bicara soal fasilitas penunjang seperti ketersediaan alat transportasi maupun tunjangan dalam hal lainnya
Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Sugianor, mengatakan, kinerja para penyuluh pertanian tidaklah mudah. Karena kebanyakan harus dijalankan pada sentra-sentra dari tujuan pelaksanaan penyuluhan, yang cukup jauh untuk dijangkau.
“Memang selama ini sudah cukup bagus yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, dalam hal mengoptimalkan peran penyuluh. Hanya saja terkait perhatian yang masiih kurang terutama dalam penunjang kesejahteraan maupun penunjang kinerja para penyuluh,”ungkapnya, Minggu (4/2) di Palangka Raya.
Kalaupun ada perhatian lanjut Sugianor, terutama terkait bantuan sarana penunjang yang disediakan bagi para penyuluh. Ternyata masih terbatas hanya beberapa saja yang diberikan. Itu pun diberikan kepada para penyuluh yang berprestasi. Sebut saja bantuan kendaraan operasional.
“Jadi sebatas bagi penyuluh berprestasi yang diberikan bantuan dalam hal menunjang kesejahteraan. Namun masih banyak yang belum mendapatkan bantua transportasi. Seharusnya, sarana transportasi perlu difikirkan lagi, guna memaksimalkan kinerja dilapangan,” tandasnya.
Politisi PKB Kota Palangka Raya ini juga meminta kepada instansi terkait untuk menambah jumlah penyuluh lapangan, kerena dengan melihat penyuluh yang ada saat ini jumlahnya masih kurang, terutama yang ditempatkan untuk daerah pinggiran.
“Jumlah penyuluh juga perlu ditambah. Selama ini kan para penyuluh itu diambil langsung dari para ASN ataupun penyuluh tenaga kontrak. Nah kedepan bisa saja mengambil penyuluh yang berasal berasal dari pelaku dibidang pertanian waluapun bukan atau non ASN atau kontrak, asalkan dengan catatan mendapatkan sedikit honor,”cetusnya.
Perlunya penambahan tenaga penyuluh pertanian tambah Sugianor, dikarenakan tenaga penyuluh mampu mengambil peran penting dalam menunjang pengembangan ilmu serta kualitas pertanian. Terlebih para penyuluh ini sangat diperlukan oleh para petani dalam mendapatkan pengetahuan membangun pola pertanian yang berhasil guna.sog

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!