Wali Kota Terima Laporan Hasil SAKIP Dari Menteri PANRB

PALANGKA RAYA,GK-Pada Rabu (31/1) yang lalu para bupati dan wali kota seluruh indoensia termasuk Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia menghadiri ac

Tiga Pansus Dewan Bahas 11 Raperda Kabupaten Kapuas
Alasan Belajar Bersama, Pelajar SMP Ternyata Disetubuhi Siswa SMA di Hotel
Ternyata Ini Pentingnya Pengendalian Penduduk

PALANGKA RAYA,GK-Pada Rabu (31/1) yang lalu para bupati dan wali kota seluruh indoensia termasuk Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia menghadiri acara penyerahan laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) tahun 2017, bertempat di Bali Nusa Dua Convention Center (Nusa Dua Hall 5), kawasan terpadu ITDC NW/1, Nusa Dua Bali .
Dalam acara tersebut Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia menerima secara langsung hasil evaluasi SAKIP yang diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PANRB-RI) , Asman Abnur.
Menteri PANRB Asman Abnur dalam kesempatan itu mengharapkan para bupati, wali kota dan sekretaris daerah lebih fokus serta serius dalam memberikan perhatian guna terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan sekaligus berorientasi hasil.
Asman juga meminta seluruh instansi pemerintah dapat mewujudkan birokrasi yang efisien, melalui penggunaan anggaran negara yang sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Diserukan kepada instansi pemerintah untuk menerapkan e-government dalam membantu pelaksanaan tugas, menerapkan money follow program sebagai dasar penggunaan anggaran.
Termasuk menghentikan segala bentuk pemborosan dan memfokuskan pelaksanaan tugas pada pencapaian kinerja. Bukan pada penyusunan laporan pertanggungjawaban semata. Yakni sejalan dengan asas utama penggunaan anggaran negara yang disebutkan oleh undang-undang nomor 17 tahun 2003 tentang keuangan negara, yaitu akuntabilitas berorientasi hasil.
Sementara itu Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia melalui pihak Humas dan Protokol Setda Kota Palangka Raya menyampaikan, bahwa akuntabilitas yang berorientasi pada hasil kinerja hanya akan tercapai apabila birokrasi dapat menerapkan manajemen berbasis kinerja dengan baik.
”Pemkot memiliki komitmen untuk hal tersebut,” ujarnya.
Menurut Riban, dari laporan hasil SAKIP inilah yang nantinya akan mengarahkan setiap instansi pemerintah untuk dapat menetapkan program-program dan kegiatan-kegiatan strategis berdasarkan pada apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
”Kita ingin lebih fokus dan lebih serius lagi dalam memberikan perhatian guna terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan sekaligus berorientasi hasil,” tegas Wali Kota Palangka Raya dua periode ini, Kamis (1/2).
Dalam acara tersebut Wali Kota Palangka Raya didampingi Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Rojikinnor, Inspektur Kota Palangka Raya, Alman Pakpahan, Kepala Badan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Palangka Raya, Akhmad Fordiansyah, Kepala Bagian Organisasi, Ana Menur, serta pejabat eselon III dan IV lainnya di lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya.(sog)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!