KPU Palangka Raya Regrut Relawan Demokrasi

PALANGKA RAYA,GK-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palanagka Raya melakukan rekrutmen Relawan Demokrasi (Relasi) dalam menghadapi pemilihan kepala daer

Fairid-Umi Pasangan Parpol Perdana Daftar ke KPU
Polda Kalteng Berhasil Menciduk Judi Dadu Gurak Di Katingan
Terkait PSBB, Masyarakat Palangka Raya Diminta Tidak Panik

PALANGKA RAYA,GK-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palanagka Raya melakukan rekrutmen Relawan Demokrasi (Relasi) dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2018, khususnya pemilihan wali kota dan wakil wali kota Palangka Raya.
Peregrutan relawan demokrasi yang dibalut langsung dengan bimbingan teknis (Bimtek) dilaksanakan disalah satu hotel di Palangka Raya, Rabu (24/1), dihadiri langsung Ketua KPU Kota Palangka Raya,Eko Riadi dan anggota KPU kota lainnya Harmain Ibrohim.
Dalam arahannya Eko mengatakan relawan demokrasi atau relasi ini sebenarnya merupakan program dari KPU RI. Itu dimaksudkan dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu pada setiap daerah.
“Perlunya dibentuk relawan demokrasi ini, tentu melihat dari tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu yang lalu seperti Pilgub Kalteng yang masih rendah,”ungkap Eko
Sebab itulah kata dia, KPU Kota Palangka Raya merasa perlu mencari dan meregrut orang-orang yang mumpuni serta memiliki kemampuan dalam memberikan kesadaran positif terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
“Melalui bimtek bagi relawan demokrasi, diharapkan ada upaya untuk mendorong dan menggerakan masyarakat menggunakan hak pilihnya. Dengan demikian partisipasi pemilih dan kualitas Pilkada 2018 dapat lebih baik dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya,”cetus Eko.
Sementara itu anggota KPU Kota Palangka Raya Harmain Ibrohim yang memimpin langsung bimtek setelah selesai peregrutan relawan demokrasi tersebut menjelaskan, para relawan demokrasi pada KPU Kota Palangka Raya yang berjumlah 25 orang terbagi ke dalam 5 kelompok sasaran pemilih.
“Relawan demokrasi dibagi ke dalam lima kelompok sasaran, antara lain kelompok pemilih pemula, pemilih perempuan, pemilih keagamaan, pemilih disabilitas, dan pemilih marjinal (pinggiran). Kelompok ini bertugas selama 5 bulan kedepan dengan dibekali SK penetapan dari KPU Kota Palangka Raya, serta bahan-bahan pendukung dalam melaksanakan tugas,”jelasnya
Pihaknya kata Harmain berharap keberadaan relawan demokrasi dapat membantu meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada Kota Palangka Raya pada tahun 2018 ini.(krn)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!