Mofit : Perpustakaan Ideal Perlu Tempat Strategis

PALANGKA RAYA,GK-Suatu perpustakaan tentu harus memiliki gedung atau ruangan yang digunakan untuk menyimpan bahan pustaka sekaligus untuk memberikan l

Gugus Tugas Gencar Lakukan Patroli Covid-19
Legislator Ini Minta Masyarakat Bijak Gunakan Medsos
Permasalahan Minyak Goreng Harus Segera Dituntaskan

PALANGKA RAYA,GK-Suatu perpustakaan tentu harus memiliki gedung atau ruangan yang digunakan untuk menyimpan bahan pustaka sekaligus untuk memberikan layanan kepada masyarakat penggunanya. Gedung suatu perpustakaan haruslah yang benar-benar dirancang untuk perpustakaan dan diperhitungkan bagi kemungkinan pengembangan ke masa depan.
Hal itulah yang menjadi keinginan dari Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio, ketika diminta pendapatnya tentang pengembangan perpustakaan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, kemarin di Palangka Raya
Mofit mencontontohkan letak kantor perpustakaan yang dimiliki pemerintah kota setempat, hingga kini dinilainya masih kurang resperentatif, lantaran kantor tersebut jauh dari pusat keramaian.
“Keberadaan kantor perpustakaan , seharusnya dipusat keramaian guna mempermudah minat masyarakat terutama pelajar dalam memanfaatkan semua buku atau pustaka yang tersedia di perpustakaan ,’ujarnya.
Terlebih kata dia, kantor perpustakaan yang ada saat ini posisinya menjadi satu kawasan dengan komplek perkantoran Pemerintah Kota Palangka Raya yang berada di Jalan Tjilik Riwut sehingga tidak strategis menarik minat orang untuk datang bertandang keperpustakaan.
Menurut Mofit tempat ideal bagi suatu perpustakaan adalah berdiri diantara kawasan pendidikan. Seperti halnya kata dia kantor perpustakaan induk milik Pemerintah Provinsi Kalteng yang berada ditengah-tengah sejumlah sekolah serta Dinas Pendidikan (kawasan lapangan mantikri). Sehingga terkesan tersentral dilihat dari kondisi strategis.
“Nah, maunya kita seperti itu, dimana pemerintah kota (pemko) ada memiliki kantor perpustakaan yang letak gedungnya strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat,”cetusnya.
Memang tambah Mofit, saat ini pemerintah kota memiliki rencana, dimana kedepannya akan memusatkan semua perkantoran SOPD, termasuk kantor perpustakaan akan ditempatkan secara bertahap ke kawasan lingkar dalam. Tepatnya di Jalan G Obos X Kelurahan Menteng Kecamatan Jekan Raya. Di komplek perkantoran itu kata dia, diyakini akan mempermudah masyarakat maupun para pelajar ketika inigin mendatangi kantor perpustakaan.
“Kita mengharapkan anak-anak yang beralamatkan di Jalan Tjilik Riwut Km 9 dan 10 tidak lagi memilih bersekolah di kawasan Mantikei. Jadi kedepannya bisa memilih sekolah-sekolah yang ada dekat dengan kawasan komplek perkantoran pemko yang berada di Jalan G Obos,”tuturnya.(sog)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!