Mulai 2018, Polda Kalteng Ikut Awasi Dana Desa

Palangka Raya , GK - Mulai tahun 2018, Jajaran Polda Kalimantan Tengah akan ikut serta dalam pemantauan dan pengawasan penyaluran dana desa (DD) di ti

Patroli Malam Polsek Manuhing Sasar Perbankan
Pengurus TP PKK dan Bunda PAUD se Kecamatan Dusun Selatan Dilantik
Target Vaksinasi Katingan Hulu dan Bukit Raya Paling Rendah

Palangka Raya , GK – Mulai tahun 2018, Jajaran Polda Kalimantan Tengah akan ikut serta dalam pemantauan dan pengawasan penyaluran dana desa (DD) di tiap kabupaten di Bumi Oloh Itah. Polda Kalteng telah menyiapkan Inspektur Pengawas atau Irwas dan juga akan mengoptimalkan peran Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Babinkamtibmas.

Kepada sejumlah wartawan, Kapolda Kalimantan Tengah, Brigjendpol Anang Revandoko, Kamis (04/01/2018) menguraikan jajarannya telah proaktif dengan menyiapkan Irwas di tiap Polres sehingga akan ada pendampingan dari awal terhadap ADD. Polda Kalteng juga telah berkoordinasi dengan pemangku terkait seperti aparat TNI, BPK dan lainnya untuk mengawal Dana Desa dari awal. Pendampingan dilakukan  mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengambilan dana sampai pada pengendalian. Sehingga Korps Tribrata dapat fokus pada upaya pencegahan dan anggaran Dana Desa yang bernilai milyaran rupiah dialirkan tepat guna dan sesuai peruntukannya.

“Kita  juga telah melatih seluruh Babinkamtibmas di tiap desa untuk belajar mendampingi Kepala Desa dalam hal perencanaan dan pembuatan design , mengawasi , mengawal sampai pengambilan uang di Bank”, terangnya.

Dengan pengawasan ini, Kapolda berharap, segala praktek penyimpangan dan pelanggaran Dana Desa dapat diminimalisir sejak awal. Sehingga uang rakyat yang dialokasikan dapat dipertanggung jawabkan dengan baik.

Seperti diketahui sebelumnya, Kapolri  telah menandatangani Nota Kesepahaman atau MOU dengan Kementrian Desa Tertinggal dan Transmigrasi dan Kementrian Dalam Negeri atau Kemendagri. Selanjutnya kepolisian di tiap daerah di Indonesia menindak lanjuti Mou tersebut dengan bergerak cepat berkoordinasi dengan pemangku kepentingan di tiap kabupaten. Selanjutnya, untuk membuktikan keseriusannya, kepolisian akan menggerakkan seluruh Babinkamtibmas dan unit lainnya untuk ikut mengawasai Dana Desa secara transparan, akuntabel, terpercaya dan professional. (Krn/sog)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!