Prioritaskan Pedagang Lokal

KUALA KURUN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Drs H Gumer mendukung dan setuju dengan rencana Dinas Peri

TPAKD Gunung Mas Dikukuhkan
DP3A Gumas Publikasi Data Gender Dan Anak Tahun 2017
Lima Fraksi DPRD Gumas Terima Raperda untuk Dibahas
KUALA KURUN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Drs H Gumer mendukung dan setuju dengan rencana Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gumas, untuk memprioritaskan pedagang sekitar (lokal) untuk menyewa kios dan lapak yang ada di Pasar Kampuri, Kecamatan Mihing Raya.
”Saya setuju kalau memang kios dan lapak Pasar Kampuri diprioritaskan untuk para pedagang lokal. Kalau memang mereka berkeinginan untuk menyewa, maka itu yang harus kita prioritaskan,” ujar Gumer saat dibincangi wartawan, diruang kerjanya, belum lama ini.
Namun, jika memang pedagang lokal ini hanya menginginkan tempat, tetapi tidak ditempati, itu pasti akan merugikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gumas, sehingga secara otomatis keberadaan kios dan lapak di Pasar Kampuri tersebut akan mubazir.
”Jangan sampai, sudah disewa oleh pedagang lokal, tapi malah disewakan kembali ke orang lain. Mereka (pedagang lokal, Red) harus memanfaatkan kios dan lapak yang disewa tersebut dengan berjualan kebutuhan masyarakat sekitar,” lanjut Gumer.
Meski demikian, dalam kios dan lapak di pasar tersebut tidak semuanya harus prioritas untuk pedagang lokal, tetapi terhadap pedagang dari luar harus difasilitasi. Ini dilakukan, agar pedagang lokal bisa belajar dari para pedagang dari luar, dan mengimplementasikannya dalam berdagang.
”Kita harapkan, dengan keberadaan pedagang dari luar, maka pedagang lokal kita bisa lebih banyak belajar lagi dalam berdagang,” kata Gumer.
Menurut Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, dari sisi perdagangan, pedagang lokal masih agak lemah dibandingkan para pedagang dari luar, baik itu dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), pendekatan terhadap konsumen dan juga penyiapan barang dagangan yang akan dijual.
”Ini yang masih kurang dan belum bisa bersaing dengan pedagang dari luar,” tukas Gumer.
Untuk itu, Gumer meminta dalam berdagang, pedagang lokal harus mencari dan menjual barang dagangan yang memang dibutuhkan masyarakat, memberikan harga murah dan pelayanan yang lebih baiki kepada konsumen, sehingga mampu bersaing. Disamping itu, dibutuhkan keuletan dan kejujuran dalam berdagang.
”Kita minta pedagang lokal harus lebih ulet dan jujur dalam berdagang, serta selalu menjaga hubungan baik dengan konsumen, jangan sampai mereka kecewa,” pungkasnya. (yog)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!